Tips Sederhana untuk Perawatan Kulit Sehari-hari

   https://www.diarydanpena.com/2024/04/tips-sederhana-untuk-perawatan-kulit.html

Setelah Anda meluangkan waktu untuk meningkatkan kesehatan kulit Anda dan memberinya alat yang dibutuhkan untuk membangun kembali kulit Anda, Anda dapat berupaya menetapkan rutinitas perawatan terbaik. Ingatlah bahwa kebiasaan terbentuk dalam tiga sampai empat minggu. 

Mulailah dengan apa yang Anda tahu bisa Anda ikuti selama tiga minggu itu. Jika itu berarti hanya melakukan rutinitas perawatan kulit selama sebulan, lalu rutinitas rambut Anda, itu tidak masalah. Jangan lupa rutinitas dasar Anda untuk meningkatkan nutrisi, hidrasi, dan istirahat!

Perawatan kulit wajah

Pembersihan Semua riasan harus dihapus sebelum tidur setiap malam. Ada banyak sekali produk untuk membersihkan kulit, dengan formula berbeda untuk setiap jenis kulit. Kecuali jika Anda menggunakan riasan tebal, cara termudah adalah memilih pembersih yang juga dapat menghilangkan riasan. 

Pilihan lainnya adalah dengan hanya menggunakan penghapus riasan atau minyak pada riasan mata, karena alas bedak dan perona pipi biasanya mudah hilang dengan sebagian besar pembersih biasa. Apa pun yang terjadi, bersihkan kulit wajah Anda setiap malam sebelum tidur, dan sekali lagi di pagi hari.

Jika Anda telah membersihkan wajah dengan benar di malam hari, kulit pagi hari hanya perlu dicuci ringan untuk menghilangkan sebum dan keringat serta mempersiapkan wajah Anda untuk riasan. Jika menggunakan pembersih berbahan dasar air, basahi wajah dengan air hangat. Jika menggunakan pembersih berbahan dasar minyak, oleskan langsung pada kulit kering. 

Dengan menggunakan jari atau kain lembut, oleskan pembersih dengan lembut dalam lingkaran kecil di seluruh wajah Anda, mulai dari hidung hingga garis rambut. Jangan lupa untuk mengoleskan pembersih pada leher Anda dengan usapan lembut ke atas menuju garis rahang. Hati-hati jangan sampai menarik atau meregangkan kulit saat membersihkan. Bilas sampai bersih dengan air hangat.

Jika Anda berencana untuk mandi atau berendam, gunakan pembersih Anda sebelum mandi/bak mandi agar memberikan waktu beberapa menit untuk bekerja pada kulit Anda. Toning Toning mengembalikan pH alami kulit dan memberikan lapisan asam pelindung yang membuat kulit lebih kuat. Ini membantu menghilangkan residu pembersih dan mengurangi ukuran pori-pori. 

Tergantung pada jenis kulit Anda, toner berkisar dari formulasi asam yang lembut hingga formula yang sangat antiseptik. Rendam bantalan kosmetik sebanyak-banyaknya dengan toner Anda dan usap wajah Anda dengan lembut dari hidung ke arah luar hingga ke dahi. Jangan lupakan lehermu. Anda bisa menggunakan bola kapas, tetapi pembalut kosmetik berbahan katun lebih mudah.

Anda harus menghindari kulit halus di sekitar mata Anda kecuali menggunakan formula toning yang sangat lembut yang sama sekali tidak mengandung alkohol atau peroksida dan hanya untuk menghilangkan minyak dan kotoran dari alis. Melindungi Kulit Anda harus dilindungi dari sinar UV yang berbahaya setiap hari. 

Melindungi adalah proses dua langkah. Bagian pertama dari proses ini adalah memberi kulit Anda antioksidan dan bahan-bahan yang akan membantunya melindungi dirinya sendiri dengan mempertahankan enzim pelindung alami. Bagian kedua adalah memberikan perlindungan tabir surya.

Jika Anda akan menggunakan larutan atau serum vitamin/nutrisi antioksidan, Anda dapat merendam bola kapas dengan larutan tersebut dan mengoleskannya ke wajah, menepuk-nepuk area yang bermasalah terlebih dahulu, lalu dengan lembut mengusap seluruh wajah Anda. Oleskan ke leher dengan gerakan ke atas. 

Jika menggunakan serum antioksidan komersial, ikuti petunjuk pabriknya. Melembabkan Seiring bertambahnya usia wanita, produksi sebum alami mereka melambat. Kulit membutuhkan hidrasi dalam dan luar untuk menjaga kekuatan, fleksibilitas dan integritasnya. Pelembab juga mengurangi risiko kerusakan mekanis pada kulit, dengan mengurangi gesekan dan mengurangi kemungkinan kulit meregang atau robek jika bersentuhan.

Anda dapat melindungi dan melembabkan dalam satu langkah, tetapi gunakan losion kulit lengkap yang mengandung vitamin C, E, dan A, serta minyak untuk melembabkan dan tabir surya. Anda juga dapat memberikan perlindungan antioksidan sendiri dengan mengoleskan larutan nutrisi vitamin atau herbal pada kulit Anda, kemudian menggunakan tabir surya yang melembapkan. Kami akan menunjukkan kepada Anda lebih banyak tentang mana yang harus dipilih dan bagaimana menerapkannya di bab selanjutnya. 

Oleskan pelembab secara ringan ke wajah dengan gerakan ke arah luar. Oleskan ke leher dengan gerakan ke atas. Berhati-hatilah untuk tidak menarik atau meregangkan kulit Anda. Untuk siang hari, jika pelembap Anda belum mengandung tabir surya, oleskan tabir surya bebas minyak pada wajah, tenggorokan, serta seluruh kulit tubuh yang terpapar sinar matahari. Eksfoliasi Saat kulit Anda tumbuh dan memperbaiki dirinya sendiri, lapisan luar sel-sel mati akan terkelupas.

Untuk mempercepat proses ini dan mendapatkan sel-sel yang lebih segar dan baru di bawahnya, Anda disarankan untuk melakukan eksfoliasi kulit setidaknya seminggu sekali. Pada dasarnya ada dua cara untuk melakukan hal ini, secara mekanis dan kimia. Untuk pengelupasan kulit secara mekanis, Anda bisa menggunakan scrub kulit yang bagus, krim mikrodermabrasi, atau bantalan loufah. 

Secara kimia, Anda dapat menggunakan salah satu sediaan pengelupasan asam yang umum, pengelupasan asam glikolat, pengelupasan asam laktat, alfa-hidroksi, dan lain-lain. Beberapa pembersih kulit hadir dengan langkah ini yang dibuat langsung di dalam formulanya. Jenis kulit Anda akan menentukan seberapa sering Anda harus melakukan eksfoliasi dan metode mana yang harus Anda gunakan.

Kulit yang teriritasi, seperti yang berjerawat, eksim, atau rosacea tidak akan menyukai scrubbing mekanis yang berat, dan bahkan formula kimiawi mungkin terlalu mengiritasi jika digunakan lebih dari sesekali. Kulit lanjut usia yang sangat rusak akibat sinar matahari mungkin memerlukan salah satu atau kedua metode tersebut, mungkin lebih sering, untuk menghilangkan lapisan kulit yang rusak dan membantu merangsang produksi struktur kolagen yang sehat di lapisan kulit yang lebih dalam. 

Sekali lagi, kami akan menunjukkan cara menentukan seberapa sering dan metode pengelupasan kulit mana yang paling cocok untuk Anda. Apapun formula yang Anda rencanakan untuk digunakan, exfoliant harus diterapkan serupa dengan pembersih. Jika Anda menggunakan pengelupasan kimia, hindari “menggosok” kulit Anda, biarkan bahan kimia yang bekerja. Jika menggunakan scrub, berikan tekanan sangat ringan, dan kerjakan dalam lingkaran kecil. 

Sekali lagi, berhati-hatilah agar tidak menarik atau meregangkan kulit. Kebanyakan exfoliant memerlukan waktu untuk bekerja. Mengoleskan exfoliant tepat sebelum mandi adalah ide yang bagus, karena Anda dapat membilasnya saat mandi, sehingga membantu menghilangkan residu apa pun. Masker Masker wajah mempunyai beberapa tujuan, yang paling penting adalah membersihkan pori-pori secara menyeluruh. Masker juga dibuat untuk hidrasi super, peningkatan sirkulasi, dan kenikmatan semata.

Jenis apa yang Anda gunakan dan seberapa sering akan ditentukan oleh jenis kulit Anda dan hasil penggunaan Metode-P. Secara umum, sebaiknya gunakan masker pembersih berbahan dasar tanah liat setidaknya seminggu sekali. 

Berbagai kosmetik tanah liat digunakan dalam masker ini karena dapat menarik dan menyerap kotoran, kotoran, dan sebum kering keluar dari pori-pori Anda, memungkinkan sebum mengalir secara alami dan lancar, mencerahkan penampilan kulit, membantu mencegah infeksi jerawat, dan memperbaiki kulit. tekstur kulit Anda. Beberapa jenis masker tanah liat tersedia untuk setiap jenis kelembapan kulit. Oleskan masker dengan lembut dan biarkan hingga kering.

Kebanyakan masker tanah liat memerlukan waktu 10-15 menit untuk menyerap semua kotoran dan kotoran dari pori-pori Anda. Bilas masker dengan lembut menggunakan ujung jari jangan ditarik. Sekali lagi, merupakan ide bagus untuk mengaplikasikannya sebelum mandi. Setelah melakukan eksfoliasi atau menggunakan masker, warnai, lindungi, dan lembapkan kulit Anda.

Contoh rutinitas pagi

Membersihkan gunakan pembersih yang lembut untuk menghilangkan keringat atau sebum dari kulit Anda. Nada: Gunakan toner yang tepat untuk jenis kulit Anda. Menggunakan toner akan membantu riasan Anda menjadi lebih halus. Melembabkan: Gunakan pelembab yang tidak berminyak jika memakai riasan. 

Kombinasi pelembap berminyak dan alas bedak dapat membuat wajah yang diberi riasan tampak kental dan berminyak dalam beberapa jam bahkan pada kulit kering dan menua. Jika Anda tidak memakai riasan, Anda bisa menggunakan pelembab yang lebih berminyak.

Melindungi
Sangat diperlukan gunakan tabir surya minimal 15 SPF setiap hari (kecuali Anda bekerja pada shift malam). Bahkan kulit yang paling gelap pun harus dilindungi dari sinar matahari yang berbahaya. Perlindungan terhadap sinar matahari juga dapat ditemukan di beberapa formula alas bedak komersial. 

Jika Anda menggunakan pelembap atau alas bedak dengan tabir surya yang mengandung minimal 15 SPF, Anda tidak perlu menambahkan tabir surya terpisah, namun Anda harus menggunakannya kembali sepanjang hari. 

Malam-membersihkan
Bersihkan kulit Anda secara menyeluruh sebelum tidur di malam hari. Hapus semua riasan dan gunakan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Gunakan toner untuk menghilangkan sisa pembersih dan mengembalikan keseimbangan pH. 

Melindungi
Tambahkan serum anti-oksidan ke kulit Anda dan biarkan meresap dapat dikombinasikan dengan pelembab Anda. 

Pelembab
Tambahkan krim mata khusus plus pelembab kulit dengan lembut ke kulit Anda. Semoga bermanfaat.