Tips Sederhana untuk Rambut Cantik Sehat

 https://www.diarydanpena.com/2024/04/tips-sederhana-untuk-rambut-cantik-sehat.html

Perawatan rambut

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan secara rutin yang akan meningkatkan kesehatan dan penampilan rambut Anda secara keseluruhan, serta beberapa hal yang bisa Anda hindari. Secara umum, berikut beberapa standarnya: 

* Menyikat rambut Anda
Ya, seratus sapuan kuno yang bagus. Ini merangsang suplai darah ke kulit kepala, menghilangkan sel-sel kulit mati dari kulit kepala sebelum terinfeksi, dan mendistribusikan sebum ke batang rambut untuk melembabkan dan melindungi. Membungkuk dari pinggang dan menggantung lemas sambil melakukan beberapa penyikatan. Gunakan sikat berbulu alami atau sikat lembut lainnya. Hati-hati dan jangan terburu-buru.

Lebih baik melakukannya perlahan dan hanya melakukan 30 sisiran, dari pada melakukannya cepat dan berisiko membuat rambut Anda patah atau tercabut. Biasakan menyisir rambut secara menyeluruh sebelum mencucinya. 

* Pijat kulit kepala Anda
Sebelum Anda berhenti merawat dan menyisir rambut di siang hari, lakukan pijatan cepat pada kulit kepala terlebih dahulu. Selipkan jari Anda ke rambut, dan hanya dengan menggunakan ujung jari Anda, pijat dengan gerakan melingkar kecil di kulit kepala Anda. 
 
Menggunakan bantalan jari akan mencegah rambut patah, menggaruk kulit kepala, dan terlalu mengacaukan gaya Anda. Kemudian tata ulang, semprotkan ulang (jika Anda menggunakannya) dan lanjutkan. 

* Hari Istirahat
Biasakan mengistirahatkan rambut Anda seminggu sekali. Tidak perlu mencuci rambut setiap hari (kecuali jika Anda masih remaja, memiliki pekerjaan kotor, atau berkeringat setiap hari). Jika Anda berusia di atas 20 tahun dan tidak mengalami ruam atau infeksi (seperti ketombe), istirahatkan rambut Anda sepanjang hari. Pilih hari di mana Anda biasanya tidak keluar rumah, atau sekadar melakukan pekerjaan rumah dan menjalankan tugas. Jangan mencuci dengan sampo dan jangan memanaskan gaya.

Jika Anda merasa terlalu kotor dan harus melakukan sesuatu, setelah menyisir rambut secara menyeluruh untuk mendistribusikan sebum, cukup basahi rambut Anda, oleskan sedikit kondisioner harian pada ujungnya, bilas hingga bersih, lalu tarik kembali menjadi kuncir kuda tampilan basah atau sanggul. Istirahatkan rambut Anda dari keramas seminggu sekali, dan bila memungkinkan, dari pengeringan rambut dan penataan rambut dengan panas. 

* Perawatan pengkondisian
Kecuali Anda mempunyai rambut yang sangat halus dan lepek, biasakan untuk menerapkan perawatan pengondisian mendalam pada rambut Anda seminggu sekali. Kondisioner dalam tidak sama dengan kondisioner harian, dan produk buatan sendiri bekerja dengan sangat baik. Minyak kelapa sangat baik untuk mengondisikan rambut. Sikat rambut Anda, cuci perlahan, lalu keringkan dengan handuk.

Oleskan kondisioner dalam lalu bungkus kepala Anda dengan handuk panas untuk membuka kutikula rambut dan biarkan kondisioner meresap. Biarkan selama 10 menit hingga setengah jam. Kemudian bilas hingga bersih dengan air hangat untuk menghilangkan sisa kondisioner, lalu air dingin untuk menutup kutikula rambut. Membilas rambut dengan air dingin mungkin terasa sedikit tidak nyaman, tetapi hal ini dapat memberikan manfaat luar biasa bagi penampilan rambut Anda. 

Ini menutup kutikula rambut di dekat batang, sehingga meningkatkan kilau dan kemudahan pengaturan, serta membantu menjaga rambut tetap kuat. Campuran air dingin dan jus lemon bahkan lebih baik untuk kilau dan kekuatan atau setengah sendok teh jus lemon dalam dua liter air dingin sudah cukup. 

* Kondisioner harian
Biasakan mengaplikasikan kondisioner harian pada ujung rambut setiap kali Anda keramas. Hal ini akan mengurangi ujung rambut yang terbelah, perubahan warna saat pewarnaan, kerusakan saat penataan panas, dan mengurangi kebutuhan akan pemangkasan yang sering. Gunakan produk yang dirancang untuk penataan rambut termal jika Anda sering mengeringkan rambut, gunakan alat pengeriting rambut atau pengeriting rambut panas. 

* Potongan Rambut
Biasakan untuk memangkas rambut Anda saat diperlukan. Sekali lagi, ini mengurangi ujung rambut bercabang dan mencegah kelebihan berat pada rambut Anda yang bisa menyebabkan kerusakan). Sekitar sekali setiap 8 minggu cocok untuk rambut sebahu atau lebih panjang, setiap 6 minggu sekali untuk gaya yang lebih pendek. 

Catatan:
Ya, benar jika Anda memiliki rambut panjang dan ingin tetap seperti itu, tata rambut Anda jika memungkinkan. Kita tidak menyarankan Anda terlihat seperti pustakawan setiap hari, tetapi salah satu alasan wanita menumbuhkan rambut panjang yang indah di masa lalu adalah karena mereka selalu memakainya. Berat rambut Anda dapat merangsang dimulainya fase telogen. Ketika rambut terbebani dan sangat panjang, rambut berhenti tumbuh dan rontok, atau putus begitu saja. Sering menata rambut akan menjauhkan beban tersebut dari akar rambut.

Anda bisa menjepitnya dengan lembut menggunakan jepit rambut atau jepit pisang saat menjalankan tugas, mengerjakan pekerjaan rumah, memasak makan malam, mengerjakan pekerjaan pekarangan, bermain-main di depan komputer, menonton TV, dan lain-lain. Sekarang, ini tergantung pada gaya rambut dan panjang rambut Anda. Jika Anda mempunyai gaya rambut pendek, langkah ini bukan saja tidak perlu, tapi juga tidak mungkin. 

Namun, jika Anda memiliki rambut sebahu atau lebih panjang, dan ingin terlihat tebal dan sehat, usahakan untuk menatanya dan menjaga agar kulit kepala Anda tidak terasa berat. Perlakukan itu seperti sutra terbaik. Jika Anda pernah melakukan kesalahan dengan memasukkan selang sutra mahal ke dalam mesin cuci Anda, Anda pasti tahu apa yang saya maksud.

Berikut beberapa tips untuk menghindari kerusakan berlebih pada rambut Anda saat keramas:

1. Biarkan rambut Anda tergerai secara alami ketika Anda keramas, baik berdiri di pancuran atau dengan kepala bersandar di atas bak mandi, atau di wastafel sampo. 

2. Basahi rambut dengan air hangat (jangan panas) untuk persiapan keramas. Jaga tekanan pada pancuran cukup lembut untuk menghindari tekanan air berlebih pada rambut Anda. 

3. Tuangkan shampoo ke telapak tangan.

4. Gosokkan sampo hingga berbusa di tangan Anda, dan oleskan ke kulit kepala Anda. Oleskan sampo ke seluruh kulit kepala Anda dengan memijat menggunakan ujung jari Anda (bukan kuku). Gerakkan jari dari satu area kepala ke area lainnya dengan mengangkat jari lalu letakkan di tempat lain di kepala Anda. 

Jangan menyeretnya ke rambut Anda. Ingat, rambut paling rentan rusak dan patah saat basah. Jika rambut Anda sangat kotor atau berminyak, Anda bisa menggunakan sampo sampai ke ujung. Jika rambut Anda sangat kering atau mengalami proses pengolahan, Anda mungkin perlu mencuci kulit kepala dan membiarkan sampo menyerap kotoran atau minyak di ujungnya saat dibilas.

5. Bilas rambut secara menyeluruh dengan air hangat.
Pastikan Anda membiarkannya menggantung secara alami. Anda dapat meratakannya dengan lembut menggunakan ujung jari Anda jika sampo itu panjang dan memerlukan bantuan ekstra untuk mengeluarkan sampo. 

6. Jika Anda memilih untuk menggunakan kondisioner bilas, inilah saatnya.
Berbeda dengan keramas, aplikasikan kondisioner pada ujung rambut, dan jika rambut Anda umumnya kering, oleskan sisanya pada tangan Anda dengan lembut hingga ke akar. Ulangi bilas. 

7. Keringkan dengan handuk secara perlahan.
Pembungkus handuk rambut yang baru sangat bagus, menjaga rambut tetap di tempatnya dan tidak berat seperti pembungkus handuk sehingga risiko kerusakan pada rambut Anda lebih kecil.

8. Setelah rambut dikeringkan dengan handuk, Anda bisa mengoleskan kondisioner tanpa bilas. 

9. Selalu menyisir rambut basah dengan sisir bergigi jarang jangan pernah menyisir rambut basah. 

10. Jangan pernah tidur dengan rambut basah, rentan saat basah, dan mudah patah ketika Anda menyalakan bantal. Meskipun tidak patah, kutikula akan menjadi kasar dan terlihat kusam. 

11. Keringkan rambut bila memungkinkan. Semoga bermanfaat.