Trik Terbaik untuk Pengisian Padi Agar Full Satu Tangkai

 https://www.diarydanpena.com/2024/04/trik-terbaik-untuk-pengisian-padi-agar.html

Sering kali petani melihat tanaman padinya begitu rimbun, rapat bulirnya, terlihat banyak. Namun setelah di panen baik itu dengan cara manual ataupun dengan memakai mesin. Hasilnya tidak sesuai dengan kelihatannya hal ini di sebabkan oleh banyaknya bulir hapa yang terbuang dan terbang saat proses panen oleh mesin.

Karena memang bulir hapa harus terpisah dari bulir isi, bila di perhatikan bulir-bulir yang terbang tadi terkadang sangat banyak dan bulir-bulir yang terbang tadi berisi, maka akan beberapa kali lipat beratnya. Salah satu cara umum petani untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan penyepraian disaat masa pengisian bulir dengan menggunakan kombinasi fungisida hormon auksin dan unsur phospat, kalium dan sulfur dalam interval yang sering.

Mengapa demikian? Sebab makanan yang di terima padi melalui penyepreaian hanya terbatas pada saat spray saja masuk ke daun melalui mulut daun / stomata. Itupun terbatas disaat mulut daun membuka antara jam matahari terbit sampai jam 10 pagi. Oleh karena itu cara spray bantuan makanan yang masuk terbatas, maka ada trik lain yang harus di lakukan, yaitu: Dengan menabur pupuk NPK yang premium seperti NPK tawon, mutiara, NPK kuda dan lainnya. 

Kapan itu dan berapa dosisnya? Waktunya adalah disaat padi mulai keluar barang satu dua dengan dosis minimal 6 kg perluasan 1400 m (100 bata/ru), hal ini dilakukan karena pemberian makanan dari akar akan berlangsung lebih banyak dan lama di banding dengan spray dari daun sehingga dalam masa pengisian bulir yang antara 25-30 hari.

Asupan makanan pada tanaman padi dalam mengisi bulirnya tercukupi, sukur-sukur di kombinasikan dua-duanya antara spray dengan interval sering juga tabur NPK premium yang hanya satu kali saja. Trik ini biasanya di lakukan para petani yang berada di daerah lumbung padi, jawa barat yaitu kab. Indramayu.

Para petani di sana menamainya dengan istilah untuk menghindari gabung selap artinya menghindari ada satu biji dalam satu malay yang hapa. Satu biji dalam satu malay pun bagi mereka di perhatikan jangan sampai kosong ataupun hapa. Semoga bermanfaat.